Konseling Mahasiswa Sebagai Upaya Meningkatkan Disiplin dan Kesadaran Akademik untuk Mengurangi Tingkat Kemalasan Kuliah
Keywords:
Konseling Mahasiswa, Disiplin Akademik, Kemalasan KuliahAbstract
Kemalasan kuliah merupakan salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh institusi pendidikan tinggi, yang berdampak pada penurunan kualitas pembelajaran dan keberhasilan akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran konseling mahasiswa dalam meningkatkan disiplin dan kesadaran akademik untuk mengurangi tingkat kemalasan kuliah. Metode penelitian yang digunakan adalah library research atau kajian kepustakaan, yang menganalisis berbagai literatur terkait konseling, disiplin akademik, dan pengelolaan motivasi mahasiswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa konseling yang dirancang secara terstruktur dan personal dapat membantu mahasiswa mengidentifikasi serta mengatasi hambatan akademik mereka. Konseling juga terbukti meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya disiplin dan peran mereka dalam keberhasilan pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi konseling yang lebih efektif dan dapat diimplementasikan dalam institusi pendidikan tinggi untuk mendukung keberhasilan akademik mahasiswa.