Pemberdayaan Anak Usia Dini Melalui Peningkatan Pendidikan dan Kepedulian Sosial di Dayah Sirajud Dhulam Al-Aziziyah Desa Kandang Samalanga  Kabupaten Bireuen

Authors

  • Nasrullah Nasrullah Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia Author

Keywords:

Anak Usia Dini, Pendidikan, Kepedulian Sosial

Abstract

Pemberdayaan anak usia dini di lembaga pendidikan merupakan implementasi kerjasama antara pendidik, peserta didik, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman, tertib, dan kondusif. Kerjasama ini menjadi kunci agar anak tertarik beraktivitas dan tumbuh secara optimal. Penelitian ini menerapkan program pemberdayaan dengan melibatkan mahasiswa dan orang tua siswa di LPI Dayah Sirajud Dhulam Al-Aziziyah, Desa Kandang, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, yang dilaksanakan mulai 1 November hingga 31 Desember 2021. Kegiatan yang dilakukan meliputi pengajaran tulis baca Alqur’an, ilmu tajwid, doa shalat, praktek shalat berjamaah, pengenalan kaedah dasar bahasa Arab, pidato, muhadharah, gotong royong, perlombaan, serta peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hasil kegiatan menunjukkan keterlibatan langsung guru dan orang tua dalam setiap program yang dijalankan. Dukungan dan kepercayaan penuh dari guru serta orang tua kepada tim peneliti dan mahasiswa terbukti meningkatkan kelancaran pelaksanaan program pemberdayaan tersebut. Partisipasi aktif semua pihak tidak hanya tercermin dari keberhasilan kegiatan, tetapi juga dalam upaya memenuhi kebutuhan lain anak seperti kesehatan, nutrisi, dan stimulasi pendidikan. Dengan demikian, program ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga memperkuat kepedulian sosial di lingkungan lembaga pendidikan. Temuan penelitian ini memberikan gambaran bahwa kolaborasi antara berbagai elemen pendukung merupakan kunci utama dalam mengoptimalkan pemberdayaan anak usia dini secara menyeluruh.

Downloads

Published

2025-02-14