Evaluasi Ujian Akhir Semester Pendidikan Agama Islam di Dayah Jamiah Al-Aziziyah
Keywords:
Evaluasi Ujian, Pendidikan Agama Islam, Ujian Akhir SemesterAbstract
Latar belakang penelitian ini berfokus pada evaluasi Ujian Akhir Semester (UAS) Pendidikan Agama Islam di Dayah Jamiah Al-Aziziyah, sebuah lembaga pendidikan berbasis agama yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan pemahaman agama bagi siswa. UAS di lembaga ini masih mengandalkan ujian tertulis yang cenderung menguji kemampuan hafalan, tanpa memperhatikan aspek pemahaman dan penerapan ilmu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan UAS dan memberikan rekomendasi perbaikan dalam sistem evaluasi yang diterapkan di dayah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan pengelola, guru, dan siswa, serta observasi terhadap pelaksanaan ujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan soal ujian masih cenderung menguji hafalan, pengawasan ujian yang tidak optimal, serta kurangnya pelatihan bagi pengajar dalam merancang soal yang valid. Penelitian ini juga menemukan bahwa evaluasi berbasis portofolio dapat menjadi alternatif untuk menggantikan atau melengkapi ujian tertulis yang hanya mengandalkan hafalan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem evaluasi yang ada di Dayah Jamiah Al-Aziziyah perlu diperbaiki, dengan mengimplementasikan evaluasi berbasis kompetensi dan portofolio yang lebih holistik. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan menyarankan peningkatan kualitas soal ujian, pengawasan yang lebih baik, serta pelatihan yang lebih intensif bagi pengajar untuk menciptakan evaluasi yang objektif dan berkualitas.