Peran Dayah dalam Revolusi Akhlak dan Pembentukan Kesadaran Politik Bersih melalui Pembaruan Kurikulum
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Dayah, Revolusi AkhlakAbstract
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter dan moral generasi muda. Dalam konteks pendidikan Islam, dayah sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional memiliki potensi besar untuk membentuk kesadaran politik yang bersih di kalangan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran dayah dalam revolusi akhlak dan membentuk karakter politik yang berintegritas melalui pembaruan kurikulum yang mengintegrasikan pendidikan agama dan keterampilan sosial-politik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, yang melibatkan observasi langsung, wawancara dengan guru PAI, kepala sekolah, serta analisis dokumen kurikulum di beberapa dayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun dayah memiliki potensi besar dalam membentuk kesadaran politik yang bersih, tantangan utama yang dihadapi adalah perlunya pembaruan kurikulum yang lebih relevan dengan perkembangan zaman dan peningkatan kompetensi guru dalam mengajarkan nilai-nilai sosial-politik. Selain itu, peran masyarakat dan orang tua dalam mendukung pendidikan yang holistik juga menjadi faktor penting dalam mendukung keberhasilan pendidikan di dayah. Kesimpulannya, untuk menciptakan generasi muda yang tidak hanya religius tetapi juga memiliki integritas dalam kehidupan sosial dan politik, dayah perlu melakukan inovasi kurikulum yang menggabungkan pendidikan agama dengan pembekalan keterampilan praktis dalam menghadapi isu-isu sosial-politik. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan kurikulum dayah yang lebih progresif dan relevan dengan kebutuhan zaman.