Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI Untuk Mencerdaskan Wawasan Keagamaan Mahasiswa PTKI
Keywords:
Moderasi Beragama, Pembelajaran PAI, Wawasan KeagamaanAbstract
Moderasi beragama merupakan nilai penting dalam kehidupan beragama di masyarakat majemuk, namun implementasinya dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi integrasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI dan menilai kontribusinya dalam mencerdaskan wawasan keagamaan mahasiswa. Metode yang digunakan adalah library research dengan mengkaji berbagai sumber pustaka yang relevan, seperti buku, jurnal ilmiah, dokumen kebijakan, dan hasil penelitian sebelumnya. Hasil studi menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai moderasi seperti toleransi (tasamuh), keadilan (ta’adul), dan keseimbangan (tawassuth) dapat diterapkan secara efektif melalui kurikulum kontekstual, metode pembelajaran partisipatif, dan keteladanan dosen. Namun, ditemukan bahwa pelaksanaan integrasi ini masih bersifat sporadis dan belum menjadi kebijakan sistemik di seluruh PTKI. Kesimpulan dari kajian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI berbasis nilai moderasi beragama berperan signifikan dalam membentuk karakter keagamaan mahasiswa yang inklusif, adaptif, dan kritis terhadap keberagaman. Kontribusi artikel ini adalah memperkuat landasan teoretis dan praktis bagi pengembangan model pembelajaran PAI yang relevan dengan tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat multikultural.
References
Abdullah, A. (2023). Landasan Teologis Moderasi Beragama. https://www.researchgate.net/publication/375694350_Landasan_Teologis_Moderasi_Beragama
Chairullah, C. (2021). Kompetensi Sosial Dosen Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Kepribadian Mahasiswa. Serambi Tarbawi, 9(2), 203–218. https://doi.org/10.32672/tarbawi.v9i2.5063
Ginanjar, M. H., Rahman, R., Badrudin, A. R., & Hidayat, R. (2024). Implementation of the PAI Learning Model to Improve Religious Moderation Among IPB University Students. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(02). https://doi.org/10.30868/ei.v13i02.6792
Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Media Akademi.
Idris, M., Willya, E., & Mokodenseho, S. (2024). Strengthening Religious Tolerance with Islamic Views in the Era of Diversity in Indonesia. West Science Islamic Studies, 2(02), 106–113. https://doi.org/10.58812/wsiss.v2i02.839
Kartini, K. (1996). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Mandar Maju.
Khalida An Nadhrah, N., Casram, & Hernawan, W. (2023). Moderasi Beragama Menurut Yusuf Al-Qardhawi, Quraish Shihab, Dan Salman Al-Farisi. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 6(1). https://doi.org/10.14421/lijid.v6i1.4365
Kunzman, R. (2003). Mutual Understanding: The Basis of Respect and Ethical Education. Philosophy of Education, 59, 341–349. https://doi.org/10.47925/2003.341
Maysyarah, S., Jannah, R., & Al Asadullah, S. (2023). Integrasi Moderasi Beragama di Dalam Mata Pelajaran Agama Islam. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 352–362. https://doi.org/10.53398/ja.v2i2.413
Movitaria, M. A., Ode Amane, A. P., Munir, M., Permata, Q. I., Amiruddin, T., Saputra, E., Ilham, I., Anam, K., Masita, M., Misbah, Muh., Haerudin, H., Halawati, F., Arifah, U., Rohimah, R., & Siti Faridah, E. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Afasa Pustaka.
Mukhsin. (2024). Fostering Tolerance Through Religious Moderation: Strategies in Islamic Education. IHTIROM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 259–277. https://doi.org/10.70412/itr.v3i2.115
Naimah, M. (2024). Hubungan Agama Dan Budaya Dalam Pandangan Moderasi Beragama. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, 4(2), 195–205. https://doi.org/10.32332/moderatio.v4i2.10056
Sukardiman. (2025). Theconcept Of Multiculturalimse In Major Religions In Indonesia. International Journal of Sociology of Religion, 2(2), 477–491. https://doi.org/10.70687/ijsr.v2i2.51
Wibowo, A., Moh. Roqib, Subur, & Sain, Z. H. (2025). Educational Management Based on Religious Moderation: Empirical Study of Practices in Pesantren. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 1–15. https://doi.org/10.31538/ndhq.v10i1.14
Zulkhairi, T. (2023). Praktik Islam Wasathiyah Di Institusi Pendidikan Dayah: Membendung Sikap Radikal Dalam Beragama. Rumoh Cetak.