Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Keywords:
Discovery Learning, Berpikir Kritis, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis akibat dominasi metode pembelajaran konvensional yang pasif dan berpusat pada guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen tipe Nonequivalent Control Group. Subjek terdiri dari dua kelas IV: kelompok eksperimen yang diberi perlakuan Discovery Learning dan kelompok kontrol yang diajar secara konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes berpikir kritis berdasarkan indikator Ennis. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t (independent samples t-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor posttest kelompok eksperimen dan kontrol, dengan selisih rata-rata sebesar 21,2 poin (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa model Discovery Learning efektif meningkatkan partisipasi aktif dan kemampuan berpikir analitis siswa. Model ini sejalan dengan prinsip Merdeka Belajar yang menekankan pembelajaran kontekstual dan mandiri.
References
Amin, S., Arifin, J., & Anisyar, N. A. I. (2024). Pembelajaran Discovery Learning Dan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Sekolah Dasar. AL-MIKRAJ : Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN: 2745-4584), 4(02), 602–620. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.4831
Aseptianova, A., Adilla, Y. R., Kholilah, K., & Haslin, N. (2025). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Aisyiyah 1 Palembang. Action Research Literate, 9(1), 42–49. https://doi.org/10.46799/arl.v9i1.2580
Fahruddin, F., Kurniawanti, M. R., Nurgiansah, T. H., & Gularso, D. (2025). Development of teaching materials for evaluating history learning to improve students’ critical thinking skills. Journal of Education and Learning, 19(1), 530–541. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.20882
Gulo, R. J., Waruwu, T., Zega, N. A., & GULO, H. (2025). Pengembangan video pembelajaran biologi berbasis discovery learning sma negeri 1 moro’o. Secondary, 5(1), 53–64. https://doi.org/10.51878/secondary.v5i1.4395
Heard, J., Scoular, C., Duckworth, D., Ramalingam, D., & Teo, I. (2025). Critical thinking: Skill development framework. 2nd edition. https://doi.org/10.37517/978-1-74286-752-6
Manurung, A. S., & Pappachan, P. (2025). The role of discovery learning in efforts to develop students’ critical thinking abilities. Journal of Education and Learning, 19(1), 46–53. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21788
Marjan, E. P., Fatmawati, A., & Harisanti, B. M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Bioscientist, 12(2), 2575. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i2.13898
Nasri, Y., Rifma, Muhammadi, & Salmaini. (2024). Development of Discovery Learning-Based Teaching Materials to Improve Students’ Critical Thinking Abilities in the Kurikulum Merdeka in Class V of Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 10(11), 8421–8427. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i11.8911
Nisrina, I., Saputra, H., & Efendi, R. (2024). Implementation of Discovery Learning Model Assisted by E-Module to Improve Students’ Critical Thinking Skills on Global Warming Material Quantitative Study. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi), 10(2), 348–358. https://doi.org/10.29303/jpft.v10i2.7516
Oktari, S., & Ardipal, A. (2024). Enhancing Critical Thinking in Elementary Students Through the Development Students Worksheet Using a Discovery Learning Approach. Al-Ishlah, 16(4). https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5740
Putranti, C. D., & Ghoghi, F. F. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Keterampilan Berpikir Kreatif Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA Bunda Hati Kudus. Indo-MathEdu Intellectuals Journal. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i6.2089
Rahayuningsih, S., Asrowi, A., Gunarhadi, G., & Ramli, M. (2024). Meta-Analysis Effectiveness of Using the Discovery Learning Model on Students’ 21st-Century Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 10(10), 685–692. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i10.8961
Rosadi, D., Mustaji, M., Mariono, A., & Khotimah, K. (2024). Implementation of Discovery Flipped Learning as an Alternative Approach to Enhance Critical Thinking Skills. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(02), 90–105. https://doi.org/10.34005/ak.v13i02.4240
Simanjuntak, A. C., Simanullang, N. H. H., Limbong, P. H. M., & Ariani, R. (2024). Studi Literatur : Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 99–106. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3463
Surur, M., Emyus, Z. E. Z., Indah, Y., & Khotimah, S. (2024). Analysis of the impact of the discovery learning model on students’ learning activities and critical thinking skills. Journal of Education Technology and Inovation, 7(2), 9–16. https://doi.org/10.31537/jeti.v7i2.2043