Pendidikan Karakter di Peguruan Tinggi Era Gen-Z

Authors

  • Syafrizal Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Author
  • Chairullah Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Author
  • Nurliza Zuhra Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Author

Keywords:

Pendidikan Karakter, Perguruan Tinggi, Gen-Z

Abstract

Era Gen-Z ditandai dengan kemajuan teknologi yang pesat, perubahan gaya hidup, serta pola pikir yang lebih terbuka dan kritis. Generasi ini mendominasi populasi mahasiswa di perguruan tinggi umum saat ini, sehingga pendidikan karakter menjadi tantangan sekaligus kebutuhan yang mendesak. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya pendidikan karakter di perguruan tinggi umum dalam membentuk pribadi mahasiswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki kepedulian sosial. Melalui pendekatan studi ini mengeksplorasi strategi-strategi yang diterapkan oleh perguruan tinggi dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada mahasiswa Gen-Z, serta hambatan-hambatan yang dihadapi dalam proses tersebut. Hasil tulisan ini menunjukkan bahwa integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum, kegiatan organisasi kemahasiswaan, dan pemanfaatan media digital memiliki pengaruh positif terhadap pembentukan karakter mahasiswa. Namun demikian, keberhasilan pendidikan karakter sangat bergantung pada konsistensi implementasi, peran aktif dosen, serta dukungan lingkungan kampus secara keseluruhan termasuk unsur-unsur pendidikan didalamnya yang merupakan salah satu efek utama dari peradaban era society 5.0. Serta sektor pendidikan harus mampu beradaptasi dengan digitalisasi sistem pendidikan yang berkembang akibat kemajuan teknologi yang begitu cepat dan signifikan. Agar tantangan masyarakat era society 5.0 dapat sesuai, maka harus direncanakan dan dikemas secara matang. Tulisan ini merekomendasikan perlunya model pendidikan karakter yang adaptif, kontekstual, dan sesuai dengan karakteristik Gen-Z agar dapat memberikan dampak yang optimal serta penerimaan masyarakat atas kehadiran kembali mahasiswa ditengah-tengah lingkungan sosial.

References

Andari, R. (2022). Analisis Kesenjangan Digital dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Pendidikan Nasional Atau Penerbit Universitas Terkemuka, 43.

Apaut, V. A. & Suparman. (2021). Membangun Disiplin Rohani Siswa pada Generasi Z melalui Jurnal Membaca Alkitab. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(2), 110–125. https://doi.org/10.19166/dil.v3i2.2530

Caraka, E. S., & Nindiya, P. B. (2015). Implementasi Permendikbud RI No.111 Tahun 2014 Dalam Pengembangan Layanan BK Di Sekolah Menengah. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 55–61.

Danim, S. (2013). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Ifabeta.

Djuwita, R. (2021). Keamanan dan Privasi Digital: Tantangan Baru dalam Pendidikan Karakter. Penerbit Erlangga.

Ekowarni, E. (2022). Risiko dan Tantangan Paparan Konten Digital bagi Perkembangan Anak. UGM Press.

Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Perilaku Organisasi: Konsep dan Perkembangan. Widina Bhakti Persada.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Hayati, E. N. (2024). Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan. Universitas Negeri Malang.

Lao, H. A. E. (2024). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z di Era Society 5.0. Jurnal SCIENTIA: Social Sciences & Humanities, 3(2), 112.

Lewis, B. A. (2004). Character Building untuk Anak-Anak. Karisma.

Liliweri, A. (2021). Media Digital dan Perubahan Pola Komunikasi Masyarakat. Prenadamedia Group.

Majid. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Movitaria, M. A., Ode Amane, A. P., Munir, M., Permata, Q. I., Amiruddin, T., Saputra, E., Ilham, I., Anam, K., Masita, M., Misbah, Muh., Haerudin, H., Halawati, F., Arifah, U., Rohimah, R., & Siti Faridah, E. (2024). Penelitian Grounded Theory. In Metodologi Penelitian (pp. 54–60). CV. Afasa Pustaka.

Mudyahardjo, R. (2001). Pengantar Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Mulyadi, S. (2021). Ketergantungan Digital pada Anak dan Remaja: Tantangan Pendidikan Karakter Kontemporer. Penerbit Kompas.

Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Widina Bhakti Persada.

Nasrul, H. W., Buulolo, M., & Ratnasari, S. L. (2021). Pengaruh Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja, Iklim Organisasi, Motivasi, dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi Review (MANOR), 10(2), 317–330.

Nurhayati. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai melalui Interaksi Langsung. Jurnal Psikologi Perkembangan, 22(2), 45–60.

Putra, F. A. D. (2020). Karakteristik Generasi Z di Yogyakarta Tahun 2019. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Qurniawati, R. S., & Nurohman, Y. A. (2018). eWOM pada Generasi Z di Sosial Media. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(2), 70–80. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v20i2.6790

Sakitri, G. (2021). Selamat Datang Gen Z, Sang Penggerak Inovasi. Forum Manajemen, 35(2), 1–10.

Samani, M. & Hariyanto. (2012). Konsep dan Modal Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.

Sinaga, J., Sinambela, J. L., Hutagalung, S., & Ferinia, R. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak-Anak Melalui Pekerjaan Rumah Tangga. Kadesih, 4(1).

Singh, D. A. D. (2016). Understanding The Generation Z: The Future Workforce. South Asian Journal of Multidisciplinary Studies (SAJMS), 1–5.

Siregar, M. I. (2022). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1).

Song, A. Y. (2017). Critical Media Literacies In The Twenty-First Century: Writing Autoethnographies, Making Connections, And Creating Virtual Identities. Journal Of Media Literacy Education, 9(1), 64–78.

Sumahamijaya, S. (2003). Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewiraswastaan. Angkasa.

Turner, A. (2015). Generation Z: Technology and Social Interest. Journal of Individual Psychology, 71(2), 103–113.

Virianita, R. L. (2021). Keseimbangan Interaksi Virtual dan Tatap Muka dalam Pembentukan Karakter. IPB Press.

Yus, A. (2008). Pengembangan Karakter Melalui Hubungan Anak-Kakek-Nenek. In Arismantoro (Ed.), Tinjauan Berbagai Aspek Character Building (p. 91). Tiara Wacana.

Yustanto, M. I. (2004). Menggagas Pendidikan Islam. Al Azhar.

Zaenul, A. & Fitri. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Ar-Ruzz.

Zamroni. (2021). Menjaga Keseimbangan Interaksi Virtual dan Tatap Muka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 101–118.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.

Downloads

Published

2025-04-30