Dayah Sebagai Pusat Pendidikan Islam dalam Membentengi Diri dari Aliran Sesat untuk Meningkatkan Kesadaran Keagamaan Generasi Muda Aceh

Authors

  • Muhammad Hatta Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia Author

Keywords:

Pendidikan Islam, Dayah, Aliran Sesat

Abstract

Pendidikan Islam di Aceh, khususnya melalui lembaga dayah, memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kesadaran keagamaan generasi muda. Namun, dalam perkembangan zaman yang semakin pesat, tantangan baru muncul berupa penyebaran aliran sesat yang mengancam pemahaman agama yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran dayah dalam membentengi generasi muda Aceh dari pengaruh aliran sesat serta meningkatkan kesadaran keagamaan mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif di beberapa dayah di Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun dayah telah berperan penting dalam pendidikan agama, mereka menghadapi tantangan dalam mengadaptasi metode pengajaran terhadap perkembangan zaman dan media digital. Oleh karena itu, diperlukan penguatan dalam sistem pengajaran dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dayah dalam menghadapi aliran sesat. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan agama di dayah dengan memperkenalkan pendekatan yang lebih relevan terhadap kebutuhan generasi muda Aceh.

References

Abdul Sakti. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025

Adinda Khoirunnisa Siregar, Tiffani Asnita Putri, Wianda Putri, & Gusmaneli, G. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Mulia Generasi Muda. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(1), 183–192. https://doi.org/10.56799/peshum.v3i1.2659

Alwi, E. A. Z. E., Abu Bakar, N. A., & Subki, R. N. (2015). Heresy in Malaysia: An Analysis. Mediterranean Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n2s1p463

Fauziah Risa Rabbani, Muhammad Fathur Ramadan, & Amirah Arifah. (2024). Role of Islamic Religious Education Curriculum in Developing Students’ Religious Values. JUDIKIS: Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 129–138. https://doi.org/10.70938/judikis.v1i3.48

Harahap, S. B. (2020). Strategi Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Quran. Scopindo Media Pustaka.

Husen, M., & Rusli, M. (2024). Tantangan dan Inovasi Pendidikan Dayah Aceh dalam Pusaran Globalisasi dan Digitalisasi. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 325–336. https://doi.org/10.71153/wathan.v1i3.164

Isa, M., Azmi, U., & Baihaqi, T. (2024). THE ROLE OF DAYAH BABUL HUDA IN RELIGIOUS DEVELOPMENT IN COMMUNITIES IN JAYA DISTRICT ACEH JAYA DISTRICT. European Journal of Learning on History and Social Sciences, 1(9), 13–20. https://doi.org/10.61796/ejlhss.v1i9.947

Lestari, N. (2024). OPTIMALISASI DAKWAH DI ERA MODERN MELALUI MEDIA SOSIAL: NOVITA LESTARI. Qawwam : The Leader’s Writing, 5(1), 35–42. https://doi.org/10.32939/qawwam.v5i1.334

Moleong, L. (2010). Metode Penelitian. Rineka Cipta.

Mulyana, A., & et al. (2024). Metode penelitian kualitatif. Widina.

Munzir, Lubis, L., & Arsyad, J. (2024). Salafiyah Dayah’s Strategy in Producing Quality Students in the Modern Era. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(2), 746–756. https://doi.org/10.21009/jtp.v26i2.49547

Nur, I. (2019). MODERNIZATION OF INTEGRATED DAYAH EDUCATIONAL SYSTEM IN DARUL MUKHLISIN BURNIJIMET. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 14(2), 333–347. https://doi.org/10.21274/epis.2019.14.2.333-347

Nurainiah, N. (2021). Sistem Pendidikan Dayah Tradisional di Aceh. Serambi Tarbawi, 9(1), 75–92. https://doi.org/10.32672/tarbawi.v9i1.5054

Qizi, S. L. H. (2024). The Importance and Value of Knowledge in the Religion of Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 5. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.899

Rahman, M. & Syahminan. (2024). The existence of Dayah Salafiyah in the Development of Islamic Education in the era of globalization. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(3), 462–477. https://doi.org/10.31538/tijie.v5i3.1151

Rifqi, A., & Dehham, S. H. (2024). Dayah Is an Islamic Educational Institution for the Acehnese Community. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 3(1), 31–51. https://doi.org/10.15575/jipai.v3i1.23505

Downloads

Published

2025-07-30