Strategi manajemen talenta dalam meningkatkan pendidikan peserta didik di balai House school Al-Aziziyah Desa Trieng Lhoksukon

Authors

  • Andika Saputra STAI Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon kabupaten Aceh Utara Author

Keywords:

Manajemen Talenta, Strategi Pendidikan, Peserta Didik, Mutu Pendidikan, Pengembangan SDM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi manajemen talenta dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan peserta didik di Balai House School Al-Aziziyah, Desa Trieng, Kecamatan Lhoksukon. Manajemen talenta dipandang sebagai pendekatan strategis dalam pengelolaan sumber daya manusia, yang berfokus pada identifikasi, pengembangan, serta retensi individu dengan kompetensi dasar dalam setiap perkembangan pontensi anak berdasarkan skill yang di miliki dalam ilmu pengetahuan Agama dan potensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi terhadap tenaga pendidik, peserta didik, serta pihak manajemen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen talenta yang diterapkan-meliputi rekrutmen tenaga pendidik yang kompeten, program pelatihan berkelanjutan, serta pemberian insentif dan penghargaan-berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar, pengembangan kreativitas, dan pencapaian akademik peserta didik. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan manajemen talenta secara terstruktur dan berkelanjutan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan kompetitif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi lembaga pendidikan dalam merumuskan kebijakan pengelolaan sumber daya manusia yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan yang sakral secara Islami.

References

AB, R. (2025, March). Wawancara dengan Imam Gampong Desa Trieng Matang Ubi tentang Strategi yang Diterapkan.

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Dr. Shaikhah J. Alainati, Dr. Nouf S. Almonawer, & Dr. Faisal A. Al-Hammad. (2023). Transformational Leadership in Education: Review of Literature. The International Journal of Business & Management. https://doi.org/10.24940/theijbm/2023/v11/i2/BM2302-016

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Media Akademi.

Juanda, A. (2024). Membangun Sumber Daya Manusia untuk Masa Depan yang Berkelanjutan. Amanah Mengabdi, 1(1), 35–41.

Kasmawati, Y. (2021). Kepemimpinan kolaboratif: Sebuah bentuk kepemimpinan untuk sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2), 197–207.

Kemendikbudristek. (2022). Strategi Transformasi SDM Pendidikan. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Mintzberg, H. (1994). Patterns in Strategy Formation. Management Science, 24(9), 934–948.

Patro, U. S., Panda, T., & Sahoo, Dr. S. R. (2024). Talent Management in the World of Education. In Dr. S. Das, Dr. M. Akhtar, Mr. S. Gaur, Mrs. S. Ware, Dr. L. A. Gaikwad, Mr. R. Nhawkar, Mr. J. R. S. Wawge, Dr. B. Singh, Dr. S. V. Kumar, Mrs. J. Raju, Mr. I. Fakhar, Mr. S. Kagawade, Dr. P. Madhur, Dr. A. Banerjee, Dr. R. Chakravarty, Ms. S. Kanade, Dr. M. Yasir, Dr. V. Bharara, Dr. Rajam K, … Mr. G. Mamgain (Eds.), Futuristic Trends in Management Volume 3 Book 15 (First, pp. 1–6). Iterative International Publisher, Selfypage Developers Pvt Ltd. https://doi.org/10.58532/V3BHMA15P1CH1

Pimpinan Balai House School Al-Aziziyah. (2025). Wawancara dengan Pimpinan Balai House School Al-Aziziyah Desa Trieng, Lhoksukon, Aceh Utara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-07-30