Manajemen Sumber Daya Manusia Kepala Madrasah dan Guru Dalam Konteks Disiplin Tugas di MTsN 4 Aceh Utara
Keywords:
Manajemen SDM, Kepala Madrasah, Guru, DisiplinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen sumber daya manusia (SDM) kepala madrasah dan guru dalam konteks disiplin tugas di MTsN 4 Aceh Utara mampu menarik partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dari data yang terkumpul. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTsN 4 Aceh Utara menggunakan beberapa langkah dalam mengelola sumber daya manusianya, antara lain: (1) Perencanaan SDM, yaitu perencanaan program kerja tahunan atau program kegiatan yang dilaksanakan oleh MTsN 4 Aceh Utara. Program kerja ini dihasilkan melalui rapat manajemen pada awal tahun pengelolaan. (2) Pelaksanaan SDM, yaitu melaksanakan program kerja yang telah direncanakan sebelumnya. Setiap penanggung jawab kegiatan melaksanakan program tersebut bersama dengan pengurus lainnya. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan penjabaran dari rencana yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (3) Evaluasi SDM, yaitu dengan mengevaluasi program kerja MTsN 4 Aceh Utara secara berkala, yaitu sebulan sekali dalam rapat bulanan. Melalui evaluasi ini, dapat diketahui efektivitas setiap kegiatan organisasi, serta kelemahan dan kelebihannya.
References
Asni, A., Dasalinda, D., & Chairunnisa, D. (2024). Penerapan Fungsi Manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling) Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 357–364.
Fahmi, M. I. & Sutrisno. (2023). Manajemen Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia di Madrasah Diniyah.
Harahap, V. A. & others. (2024). Manajemen Kepala Madrasah Dalam Mencapai Madrasah Mandiri Berprestasi di MTsN 2 Paluta.
Hasibuan. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Iksan, M., Sahid, M., & Bardi, M. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada MTs Sholihiyyah Demak.
Movitaria, M. A., Ode Amane, A. P., Munir, M., Permata, Q. I., Amiruddin, T., Saputra, E., Ilham, I., Anam, K., Masita, M., Misbah, Muh., Haerudin, H., Halawati, F., Arifah, U., Rohimah, R., & Siti Faridah, E. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Afasa Pustaka.
Mulyadi, U. (1988). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bina Aksara.
Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Gadjah Mada University.
Saputra, M. A. W., Nur, M. D. M., & Syahid, A. (2025). Implementasi Prinsip-Prinsip Manajemen Islam dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan: Studi pada Madrasah Aliyah di Indonesia. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 13–22.
Siregar, M. (2023). Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Dalam Membangun Akhlak Santri Di Pondok Pesantren as-Syarifiyah Desa Sidingkat Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.